Mewaspadai Ancaman Tim-tim Kuda Hitam

Mewaspadai Ancaman Tim-tim Kuda Hitam

jadwal pertandingan piala eropa 2016 sudah resmi diumumkan. Kini, publik tinggal menantikan waktu yang telah ditentukan untuk memberikan dukungan sepenuhnya pada masing-masing tim yang dijagokan. Yang menarik adalah sejumlah tim kuda hitam yang pastinya tak mau dipandang sebelah mata ketika bersanding dengan tim-tim unggulan. Beberapa grup dihuni oleh tim-tim yang kemungkinan besar akan melakukan perlawanan sengit pada tim besar. Misalnya saja di Grup D yang diisi oleh Spanyol. Sebagai juara bertahan Piala Eropa empat tahun silam, mereka tak bisa bersantai karena ada tiga ancaman dari Kroasia, Republik Ceko, dan Turki. Kali ini, tim Matador harus berjuang lebih optimal jika tak ingin dipermalukan dalam babak penyisihan grup.

Persaingan Ketat

Menghadapi tiga negara tersebut tentu saja bukan hal yang mudah. Turki, Republik Ceko, dan Kroasia telah membuktikannya dalam putaran kualifikasi beberapa waktu lalu. Sangat sulit untuk memprediksikan siapa di antara tiga tim itu yang bakal mendampingi Spanyol lolos dari grup. Atau bahkan bisa jadi ada kejutan yang sangat menyakitkan bagi Spanyol.

Sementara itu, sisa grup menghadirkan jadwal kompetisi yang juga sama ketatnya. Grup A yang dihuni oleh tuan rumah jelas tak akan meremehkan Swiss, Rumania, dan Albania. Di Grup B, tim nasional Inggris secara otomatis masuk sebagai tim unggulan dan didampingi oleh Rusia, Slovakia, dan Wales. Grup C dihuni oleh tim unggulan Jerman yang akan bersaing dengan Ukraina, Polandia, dan Irlandia Utara. Grup E diisi oleh Republik Irlandia, Swedia, Belgia, dan Italia. Terakhir adalah Grup F dengan jadwal ketat antara Austria, Hungaria, Islandia, dan Portugal.

Dari pembagian grup di atas, nampak bahwa beberapa tim unggulan diprediksikan tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk lolos dalam penyisihan. Yang sangat berat tentu saja adalah mempertahankan reputasi dari tim seperti Spanyol karena mereka tak mau melakukan kesalahan di babak-babak awal kompetisi.

Tim-tim Kuda Hitam

Di sisi lain, tim-tim yang kurang begitu diunggulkan pun bermodalkan tekad dan rasa percaya diri yang tinggi. Misalnya saja Wales yang kali pertama ini lolos dan mengikuti babak putaran final. Beberapa waktu sebelum undian dilaksanakan, mereka menyatakan siap untuk segala konsekuensi termasuk menghadapi tim nasional Inggris. Pernyataan itu disampaikan sendiri oleh salah satu punggawanya, Gareth Bale. Bale mengakui bahwa ia secara pribadi justru akan sangat senang jika mereka bertemu Inggris. Ia mencotohkan pengalaman tim Yunani dan Denmark yang sukses sebagai juara grup meski sebelumnya sempat tidak dianggap. Kali ini, ia akan belajar dari pengalaman mereka serta menghindari kesalahan yang kiranya bisa menghambat jalur mereka menuju babak selanjutnya.

Menghadapi Inggris dalam satu grup memang bisa menciptakan tekanan tersendiri bagi tim nasional Wales. Selama ini, mereka selalu berada di bawah bayang-bayang negara ini. Wales memang sebuah negara kecil namun punya banyak pemain bintang yang berkarir di Liga Utama Inggris. Situasi itulah yang menguntungkan mereka karena bisa memahami skema dan atmosfir dari gaya permainan para pemain Inggris.

Sebaliknya, kehadiran Wales justru bisa menciptakan tekanan bagi Inggris. Mereka memang adalah tim yang diunggulkan dalam kompetisi kali ini. Sukses menang seratus persen dan cuma kebobolan tiga kali adalah catatan yang sangat memuaskan bagi mereka. Tetapi hal itu saja tak akan cukup jika belum dibuktikan dalam pertandingan yang nyata. Terlebih lagi, Inggris selama ini dikenal sebagai tim yang tampil memukau dalam babak kualifikasi, namun melemah saat memasuki babak-babak menentukan.

Kehadiran tim-tim baru dalam ajang sebesar Piala Eropa akan semakin memanaskan atmosfir kompetisi. Prancis sebagai tuan rumah pun tak bisa semata-mata mengandalkan faktor keberuntungan mereka. Jika ingin bersaing dengan tim-tim kuat lainnya, mereka harus bisa tampil sangat memuaskan di Grup A. Meski lawan yang mereka hadapi terdiri dari tim-tim yang tak bisa disebut sangat kuat, selalu ada kemungkinan sekecil apa pun yang bisa mengubah nasib mereka. Sama halnya dengan tim-tim unggulan lain yang berada dalam situasi serupa ketika menghadapi tim-tim kuda hitam dalam grupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *