Pembagian Grup Dan Jadwal Piala Eropa 2016 Telah Diumumkan

Pembagian Grup Dan Jadwal Piala Eropa 2016 Telah Diumumkan

Kualifikasi eropa 2016 telah berakhir dan undian pembagian grup di putaran final Piala Eropa 2016 telah dilakukan pada tanggal 12 Desember lalu. Ada 24 tim dari 24 negara akan berlaga di putaran final Piala Eropa yang digelar di Perancis bulan Juni nanti. Akan ada pembagian menjadi 6 grup 24 tim tersebut dengan 4 tim tergabung di dalam 1 grup. Setelah pengundian dan pembagian grup dilakukan; kini jadwal pertandingan putaran final Piala Eropa 2016 di Perancis sudah dapat disusun.

Setiap tim yang melaju ke putaran final dapat mulai mempersiapkan diri dan mempelajari kekuatan, strategi serta karakter tim yang akan mereka lawan di babak penyisihan grup. Layaknya sebuah undian; beberapa tim ternyata mendapat keuntungan berupa keberuntungan bergabung dalam 1 grup dengan lawan – lawan yang terbilang lebih ringan dibandingkan tim lain. Sementara itu ada pula tim yang kurang beruntung karena tergabung di dalam 1 grup dengan tim – tim tangguh. Grup seperti ini biasanya disebut dengan grup neraka karena akan ada pertandingan yang panas dan persaingan yang ketat agar memastikan 2 tempat ke babak gugur.

Grup E Akan Menjadi Grup Neraka

Hasil pengundian yang kurang menguntungkan mungkin akan membuat satu tim bertemu dengan lawan yang kuat di fase grup. Hal inilah yang dialami oleh Belgia pada kesempatan kelima mereka lolos ke putaran final Piala Eropa. Belgia yang tergabung di Grup E akan bertemu dengan Italia, Republik Irlandia dan Swedia. Italia yang harus puas berada di pot kedua saat pengundian memang dipastikan akan bertemu dengan salah satu tim unggulan di pot pertama. Meski berada di pot kedua; kekuatan Italia tetap tidak dapat dianggap remeh. Manajer Antonio Conte masih memiliki segudang pemain berkualitas dan juga pengalaman yang luas dalam meramu sebuah tim. Italia akan memulai babak penyisihan grup melawan Belgia pada tanggal 13 Juni 2016 di Stade des Lumieres kota Lyon. Meski Italia mungkin menjadi tim yang akan menyulitkan Belgia; masih ada tim lain yang juga tidak kalah tangguh.

Republik Irlandia dan Swedia lolos ke putaran final melalui babak play-off. Keduanya dikenal sebagai tim yang tangguh serta memiliki semangat juang yang tinggi. Kekalahan Jerman di tangan Republik Irlandia pada babak kualifikasi menjadi bukti bahwa anak asuh Martin O’Neill ini dapat memberi kejutan bagi tim kuat manapun. Sementara itu kekuatan Swedia salah satunya terletak pada lini depan yang dihuni penyerang sekelas Zlatan Ibrahimovic. Meski telah memasuki usia di atas 30 tahun; kemampuan Ibrahimovic dalam mencetak gol dapat dikatakan masih sangat baik. Terlebih lagi turnamen ini mungkin merupakan Piala Eropa terakhir yang ia ikuti sehingga dipastikan akan ada motivasi lebih guna memberi lebih bagi tim nasional Swedia.

Polandia Kembali Bertemu Jerman

Undian pembagian grup ternyata kembali mempertemukan Jerman dan Polandia di Grup C. Keduanya juga menjalani babak kualifikasi Piala Eropa 2016 di grup yang sama; Jerman menjadi juara Grup D dan Polandia menempati peringkat kedua pada akhir klasemen kualifikasi. Jerman dan Polandia saling mengalahkan pada 2 pertemuan kualifikasi. jerman kalah 0 – 2 pada pertemuan pertama di Stadion Naridowy, Warsawa dan membalas kekalahan tersebut 3 – 1 di Commerzbank Arena kota Frankfurt. Kedua tim yang sama – sama lolos dari Grup D tersebut akan ditemani oleh Ukraina dan Irlandia Utara.

Mengingat Ukraina dan Irlandia Utara lolos setelah memenangkan babak play-off; maka di atas kertas kekuatan keduanya berada di bawah Jerman dan Polandia yang menjadi juara dan runner up grup kualifikasi. Polandia akan membuka pertandingan di Grup C melawan Irlandia Utara pada 12 Juni 2016 di Allianz Riviera kota Nice. Sedangkan Jerman akan bertemu Ukraina di Stade Pierre Mauroy kota Lille pada tanggal pertandingan yang sama. Jerman akan bertemu Polandia pada 16 Juni 2016 di Stade de France, Saint Dennis. Kondisi saling mengenal karakter dan kekuatan skuad antara Jerman dan Polandia sepertinya akan membuat pertemuan ketiga mereka sejak dimulainyakualifikasi eropa 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *