Profil Stadion Stade de Nice; Allianz Reviera Kebanggaan Nice

 Profil Stadion Stade de Nice; Allianz Reviera Kebanggaan Nice

Pernak-pernik Euro 2016 menjadi salah satu hal yang menarik bagi para pecinta sepak bola di dunia, khususnya lagi para penggemar dan juga pengamat sepak bola Eropa. Bukan hanya pertandingannya yang menjadi begitu disorot publik, layaknya sebuah pertandingan besar, setiap hal yang berkaitan dengan pertandingan Euro 2016 ini tentunya menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri dan diperbincangkan. Salah satunya tentunya persiapan Prancis dalam menyambut perhelatan Euro 2016 ini sebagai tuan rumah. Sebagai tuan rumah yang baik, tentunya Prancis sudah menyiapkan segala sesuatunya, termasuk yang paling utama yaitu persiapan tentang stadion-stadion yang akan dipergunakan untuk laga Euro 2016 mendatang.

Bukanlah hal yang baru terkuak, jika kita berbicara tentang fakta bahwa Prancis mempersiapkan 10 stadion sebagai stadion yang akan dipergunakan untuk putaran final Euro 2016 mendatang. Mempersiapkan 10 stadion sekaligus demi sebuah perhelatan besar sepak bola Eropa tentunya bukanlah hal yang main-main. Hal itu tentunya menunjukkan keseriusan Prancis dalam berlaku sebagai tuan rumah dari Piala Eropa kali ini. Salah satu stadion dari 10 stadion terbaik yang sudah dipersiapkan Prancis dengan sebaik-baiknya yaitu Stade de Nice. Tentunya Anda penasaran dengan stadion yang satu ini. Apa sajakah hal menarik yang perlu Anda ketahui dari stadion yang satu ini? Berikut informasi singkatnya untuk Anda.

Stade de Nice juga terkenal dengan nama lain yaitu Allianz Riviera. Terletak di kota Nice, stadion yang satu ini memiliki nama asli yang sesungguhnya yaitu Grand Stade de Nice. Jika berbicara tentang persiapan Euro 2016, terutama dalam hal venue, Prancis benar-benar memberikan persiapan yang luar biasa. Stade de Nice ini salah satu bentuk persiapan Prancis yang terbaik. Meskipun tidak dibuat khusus untuk persiapan Piala Eropa 2016, stadion yang satu ini termasuk salah satu stadion terbaru yang dipilih sebagai tempat pertandingan Piala Eropa 2016. Stadion ini pertama kali dibuka pada September 2013 dan merupakan stadion kebanggaan milik kesebelasan OGC Nice.

Sebetulnya, stadion yang satu ini direncanakan akan selesai pembangunannya pada tahun 2007 yang lalu, tetapi sempat mengalami penundaan, sehingga pembangunan mulai dilakukan lagi pada tahun 2011. Setelah dibuka dan diresmikan pada September 2013 silam, stadion yang satu ini pertama kali menggelar pertandingan pada 22 Septembber 2013. Dan pertandingan tersebut tentunya pertandingan yang dijalani oleh OGC Nice. Pada waktu itu, pertandingan dilakukan antara OGC Nice melawan Valenciennes. Hal lain yang perlu Anda ketahui dari stadion yang satu ini yaitu fakta bahwa stadion yang satu ini merupakan sebuah stadion pengganti dari Stade Municipal du Ray yang merupakan stadion sebelumnya. Hal lain apakah yang menjadi daya tarik dari stadion yang satu ini?

Meskippun dipilih sebagai salah satu stadion yang akan menjadi tempat pertandingan Euro 2016, stadion yang satu ini bukanlah stadion dengan kapasitas terbesar di Prancis, tetapi menjadi stadion yang tak kalah cantik dengan banyak bagunan yang menghiasi negara Prancis. Stadion yang satu ini, dirancang oleh seorang arsitektur jenius Prancis yang tidak lain dan tidak bukan ialah Jean-Michel Wilmotte. Selain itu, kapasitas dari stadion yang satu ini tentunya menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Stadion ini memiliki kapasitas pennonton sekitar 35.624 penonton. Sebuah angka penonton yang cukup besar, meskipun bukan yang paling besar dari negara Prancis.

Dalam putaran final Piala Eropa 2016 mendatang, Stade de Nice akhirnya dipercaya untuk menjadi saksi bisu beberapa pertandingan penting untuk beberapa grup. Grup yang akan mencoba hijaunya lapangan yang satu ini yaitu Grup C, D dan E. Pada tanggal 12 Juni 2016, dijadwalkan aka nada Polandia yang akan berhadapan dengan Irlandia Utara dari Grup C. Setelahnya, dari Grup D, aka nada Spanyol yang siap melawan Turki pada tanggal 17 Juni 2016. Belum lagi pada tanggal 22 Juni 2016, Belgia akan berlaga melawan Swedia dalam pertandingan di grup E. Kemudian, pada tanggal 27 Juni 2016, Stade de Nice juga akan menggelar babak 16 besar Euro 2016. Jadi, bagaimana menurut Anda tentang stadion yang satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *