Sekilas Kekuatan Dan Persiapan 3 Tim Unggulan Piala Eropa 2016

Sekilas Kekuatan Dan Persiapan 3 Tim Unggulan Piala Eropa 2016

Koran bola hari ini dapat menjadi sumber informasi terkini mengenai perkembangan dunia sepakbola. Selain koran; masih ada banyak lagi sumber informasi tentang dunia sepakboa seperti situs informasi olahraga. Beberapa topik terkait sepakbola seperti Liga Champions Eropa dan juga Piala Eropa 2016 menjadi topik – topik yang banyak dicari oleh para penggemar olahraga paling populer sejagat ini. Piala Eropa merupakan salah satu turnamen besar yang paling dinanti selain Piala Dunia.

Eropa merupakan salah satu pusat kekuatan sepakbola dunia sehingga turnamen antar negara selalu diwarnai persaingan sengit dan juga penampilan pemain – pemain bintang yang tenar di klub mereka masing – masing. Beberapa negara seperti Jerman, Perancis dan Spanyol menjadi unggulan utama di turnamen yang akan digelar di Perancis mulai tanggal 10 Juni hingga 10 Juli 2016 tersebut. Akan ada 51 pertandingan yang akan digelar mulai dari babak penyisihan grup hingga partai final yang akan digelar di Stade de France kota Saint Denis. Berikut ini ulasan singkat mengenai persiapan yang telah dilakukan oleh ketiga tim unggulan di putaran final Piala Eropa 2016.

Perancis

Mantan bek tengah Perancis Frank Lebouf mengatakan bahwa negaranya merupakan pilihan tuan rumah terbaik untuk putaran final Piala Eropa 2016 meski kini Perancis mendapat cukup banyak ancaman keamanan. Meski menjadi unggulan di Grup A dan diuntungkan dengan undian pembagian grup; manajer tim nasional Perancis Didier Deschamps segera mengingatkan anak asuhnya agar tidak percaya diri berlebih dan memandang rendah lawan – lawan yang akan dihadapi. Anak asuh Didier Deschamps akan memulai turnamen dan melakukan kick off pertama melawan Rumania. Pengetahuan yang minim tentang kekuatan dan karakter Rumania menjadi kesulitan tersendiri bagi Deschamps.

Catatan tentang lini pertahanan Rumani yang hanya kebobolan 2 gol selama kualifikasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh Perancis. Ketangguhan lini pertahanan Rumania dapat menyulitkan Perancis dan menggagalkan jalan mulus menuju babak 12 besar. Lini depan Perancis saat ini memang tidak dalam kondisi terbaik; namun masih ada waktu kurang lebih 6 bulan untuk mempersiapkan diri. Penyerang Olivier Giroud mengalami pasang surut penampilan di Arsenal; sedangkan penyerang muda Anthony Martial di Manchester United juga masih minim jam bermain di level internasional. Praktis Perancis hanya dapat mengandalkan Karim Benzema dan Antoine Griezmann jika ingin memainkan 2 penyerang berpengalaman di pertandingan pertama. Andre Pierre Gignac atau Alexandre Lacazette juga dapat menjadi alternatif lain di lini depan jika Deschamps ingin memberi tekanan lebih pada Rumania di pertandingan pertama. Memenangkan pertandingan pembukaan sepertinya menjadi target Perancis.

Jerman

Thomas Muller dan kawan – kawan merupakan tim juara Piala Dunia 2014 lalu. Kualitas skuad dan kinerja tim nasional Jerman di turnamen besar dapat dikatakan selalu menarik dan mengesankan. Jerman menjalani kualifikasi dengan kurang mulus jika dibandingkan Inggris yang mencatat hasil sempurna. Hanya saja Jerman memiliki kecenderungan semakin matang dari pertandingan ke pertandingan berikutnya ketika mengikuti turnamen besar. Kekuatan Jerman terbilang merata di semua lini. Penjaga gawang Manuel Neuer menjadi sosok tangguh yang sulit dikalahkan dalam duel satu lawan satu. Jerman juga memiliki bek tengah tangguh sekelas Mats Hummels. Sedangkan lini tengah Jerman memiliki surplus pemain berbakat dengan kelebihan – kelebihan tersendiri. Meski Miroslav Klose sudah pensiun dari tim nasional; namun kini Jerman memiliki pemain depan serba bisa sekelas Thomas Muller yang dapat mencetak gol dari semua posisi.

Spanyol

Vicente Del Bosque merupakan manajer lain yang tidak akan mengalami kesulitan mendapat stok pemain berkualitas istimewa. Spanyol telah mengalami regenerasi pemain dengan cukup mulus dan mulai mengandalkan pemain – pemain baru hampir di semua lini. David de Gea, Sergio Ramos dan Gerard Pique kini menjadi pilihan utama di lini belakang. Sementara itu lini tengah dipenuhi pemain kreatif sekelas Andres Iniesta, Cesc Fabregas hingga Juan Mata. Gelandang tangguh seperti Sergio Busquets juga siap menjaga keseimbangan permainan. Lini depan menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Del Bosque karena hingga kini belum ada penyerang yang benar – benar tampil konsisten dan dapat diandalkan meski ada banyak penyerang hebat yang dimiliki Spanyol. Perkembangan terkini tim – tim unggulan Piala Eropa 2016 dapat terus diikuti melalui berbagai situs olahraga dankoran bola hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *